FAQ | Pertanyaan yang Sering Diajukan - Stroke

1) Apa itu stroke?


Stroke adalah serangan otak. Stroke terjadi bila pembuluh darah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak, semburan atau diblokir oleh gumpalan darah. Hal ini menyebabkan gangguan suplai darah ke bagian otak.

Ketika darah berhenti otak tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Sel-sel otak di daerah mati dan otak dapat menjadi rusak secara permanen.

Apa itu stroke?


Hal ini dapat merusak atau menghancurkan sel-sel otak yang akan mempengaruhi fungsi tubuh. Misalnya, jika stroke merusak bagian otak yang mengontrol gerakan anggota tubuh, kemampuan seseorang untuk bergerak lengan atau kaki mungkin akan terpengaruh.

Stroke juga dapat mempengaruhi proses mental seperti bagaimana orang merasa, berpikir, berkomunikasi, atau belajar. Istilah 'Stroke' berasal dari fakta bahwa itu biasanya terjadi tanpa peringatan, 'mencolok' orang dari luar biru. Efek dari stroke pada tubuh yang segera.

Baca Juga tentang: Obat Stroke de Nature

2) Apa yang dimaksud dengan mini-stroke atau TIA?


TIA singkatan transient ischemic attack. Ia juga dikenal sebagai mini-stroke dan terjadi ketika pasokan darah otak secara singkat terganggu. Gejala tersebut sangat mirip dengan stroke full-blown, tetapi mereka cenderung hanya berlangsung selama beberapa menit (atau hingga 24 jam).

A TIA / Mini-Stroke dapat menyebabkan hilangnya singkat visi, hilangnya pidato, atau kelemahan di satu sisi tubuh. TIA / mini-stroke disebabkan oleh gumpalan kecil. Bekuan besar menyebabkan stroke. Sebuah mini-stroke adalah peringatan bahwa ada risiko yang lebih TIA, atau sesak nafas stroke penuh. 

Sebuah TIA harus diperlakukan sebagai darurat dan Anda harus mencari perhatian medis yang mendesak untuk penilaian. Tanpa penilaian dan pengobatan, sekitar satu dari empat orang yang telah memiliki TIA akan pergi untuk mengalami stroke full-blown dalam beberapa tahun.

serangan iskemik transien adalah gejala peringatan yang paling penting stroke yang akan datang. Mereka terjadi pada sampai setengah dari semua pasien yang mengembangkan stroke tapi, sayangnya, kurang dari setengah dari pasien yang memiliki mereka mencari bantuan dari dokter mereka sebelum stroke terjadi.

diagnosis cepat dan pengobatan TIA dan penyebab akan mengurangi risiko Anda mengalami stroke. Jika seseorang berpikir mereka telah memiliki TIA di masa lalu dan tidak mencari pengobatan, mereka harus menghubungi dokter mereka.



Beberapa pertanyaan Anda mungkin ingin meminta dokter Anda;

1) Apa kemungkinan saya mengalami stroke penuh sesak nafas jika aku sudah TIA?
2) Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi risiko saya mengalami stroke?
3) Apa obat yang harus saya ambil untuk mengurangi kemungkinan saya mengalami stroke?
4) Dapatkah saya drive setelah mengalami TIA?
5) Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi kemungkinan saya mengalami stroke?
6) Apakah saya perlu tindak lanjut perawatan seperti lebih scan dan kapan?

3) Apa yang menyebabkan Stroke?


Hal ini sering tidak jelas mengapa seseorang harus menderita stroke. Meskipun banyak orang percaya untuk menjadi faktor, stres bukanlah penyebab stroke. Stroke dapat terjadi pada siapa saja.

Beberapa orang berada pada risiko yang lebih besar untuk alasan di luar kendali mereka seperti usia dan riwayat keluarga. Juga, statistik menunjukkan bahwa orang-orang dari komunitas Asia dan Afrika lebih mungkin untuk memiliki stroke. Beberapa orang berada pada risiko yang lebih tinggi terkena stroke karena faktor risiko lain termasuk

  • tekanan darah tinggi;
  • merokok;
  • kelebihan berat badan;
  • Diet yang buruk; diabetes;
  • Kolesterol Tinggi;
  • aktivitas fisik;
  • Terlalu banyak alkohol;


Semua risiko ini dapat dimodifikasi atau diubah melalui obat atau perubahan gaya hidup. Baca Mencegah Stroke untuk informasi tentang cara mengurangi risiko Anda mengalami stroke atau stroke sekunder.

4) Bagaimana Anda bisa mengenali gejala-gejala stroke?


Sebuah tes sederhana dapat membantu Anda mengenali jika seseorang telah memiliki stroke:

Wajah-wajah mereka telah jatuh pada satu sisi? Dapat mereka tersenyum?
Lengan-Dapatkah mereka mengangkat kedua lengan dan menjaga mereka di sana?
Pidato-pidato yang mereka cadel?


5) Mengapa F.A.S.T. pesan begitu penting?


Rata-rata Stroke menghancurkan sekitar dua juta sel otak setiap menit. Jadi, ketika seseorang memiliki stroke, sangat penting mereka mendapatkan perawatan medis secepat mungkin.

Sampai saat ini, banyak yang percaya bahwa stroke adalah penyakit yang sedikit atau tidak ada yang bisa dilakukan. Kita sekarang tahu bahwa stroke adalah yang paling dapat dicegah dan diobati dari semua penyakit. Sayangnya, ratusan orang meninggal setiap tahun dan lebih banyak lagi yang tersisa untuk bertahan kecacatan terlalu parah atau berkepanjangan karena mereka tidak mendapatkan ke rumah sakit cukup cepat setelah mengalami stroke. Semakin cepat seseorang sampai ke rumah sakit setelah stroke, lebih dari otak mereka dapat diselamatkan.


6) Apa efek dari stroke?


Setiap stroke adalah berbeda. Setiap orang yang terkena stroke akan memiliki masalah yang berbeda dan kebutuhan yang berbeda. Cara di mana Anda mungkin terpengaruh tergantung pada tempat di otak stroke terjadi dan seberapa besar stroke adalah.

Sebuah stroke di sisi kanan otak biasanya menyebabkan masalah di sisi kiri tubuh. Sebuah stroke di sisi kiri otak menyebabkan masalah di sisi kanan tubuh. Beberapa stroke terjadi di dasar otak dan dapat menyebabkan masalah dengan makan, bernapas dan bergerak.

 Kanan setengah dari otak mengontrol sisi kiri tubuh dan sebaliknya. Misalnya, kelemahan atau kelumpuhan pada lengan kiri mungkin akibat dari stroke di sisi kanan otak. Bagi kebanyakan orang, sisi kiri bahasa kontrol otak (berbicara, membaca, menulis, dan pemahaman). 

Sisi kanan mengontrol keterampilan persepsi (membuat rasa apa yang Anda lihat, dengar dan sentuh) dan spasial (menilai ukuran, kecepatan, jarak dan posisi).

Masalah yang mungkin Anda miliki setelah stroke Setelah stroke, Anda mungkin memiliki masalah melakukan beberapa hal yang Anda lakukan sebelumnya. Seperti;

  • Kelemahan atau kurang gerak pada kaki Anda dan / atau lengan (kelumpuhan)
  • Penyelesaian masalah
  • Perubahan pada cara Anda melihat hal-hal (masalah persepsi atau visual)
  • Perubahan cara Anda merasa hal mis touch (masalah sensorik)
  • Masalah berpikir atau mengingat (masalah kognitif)
  • Kesulitan bicara, pemahaman, membaca atau menulis
  • sifat tdk bertarak
  • nyeri bahu atau nyeri lengan / kekakuan
  • Merasa khawatir atau sedih
  • Masalah mengendalikan perasaan Anda
  • Masalah dengan seksualitas Anda.

7) Apa pengobatan ada untuk stroke?


Begitu stroke terjadi, tes yang diperlukan untuk memastikan perawatan darurat yang tepat diberikan. Waktu adalah otak dan lebih cepat pengobatan, semakin baik kesempatan hasil yang baik setelah stroke.


pengujian awal akan membantu mengidentifikasi apa jenis stroke yang telah Anda miliki dan membantu memandu pengobatan Anda.
tes umum ketika Anda tiba di rumah sakit termasuk scan CT otak, tes darah, tes jantung, tes neurologis dan sinar X.


Beberapa pertanyaan untuk dokter Anda untuk membantu Anda memahami tes ini;

1) Apa itu tes untuk dan mengapa hal itu dilakukan?
2) Siapa yang akan melakukannya?
3) Ketika saya akan mencari tahu bagaimana ia pergi?
4) Siapa yang akan menjelaskan hasil kepada saya dan / atau keluarga saya?

trombolisis

Beberapa stroke dapat diobati dengan trombolisis. Ini adalah gumpalan mengurangi terapi obat yang bertujuan untuk melarutkan bekuan darah dengan pengencer darah yang kuat. Hal ini dapat memiliki dampak yang kuat dalam mencegah kerusakan sel-sel otak yang disebabkan oleh stroke. terapi obat ini harus dilakukan dalam waktu empat jam dari timbulnya stroke, tetapi hanya dalam kasus-kasus stroke iskemik yang melibatkan penyumbatan atau pembekuan darah ..


8) Apa aneurisma?



Sebuah pembengkakan pada dinding arteri, vena atau jantung akibat melemahnya dinding nya penyakit, cedera atau hadir kelainan saat lahir disebut aneurisma. Isu-isu utama tentang aneursyms adalah bahwa dinding yang lemah dapat pecah atau kurang sering bahwa kapal bengkak dapat menekan struktur lainnya dan mengganggu fungsinya. Pertumbuhan aneurisma dapat diperburuk oleh tekanan darah tinggi. Jika aneurisma pada pembuluh darah besar atau semburan dinding jantung, seseorang bisa mati kehabisan darah. Semakin besar aneurisma adalah besar kemungkinan bahwa itu akan pecah. Sebuah Stroke dapat terjadi jika aneurisma pecah di otak.

Mendeteksi Aneurisma
Aneurisma dapat dicurigai pada xrays sederhana tetapi didiagnosis dengan teknik pencitraan seperti ekokardiografi, USG perut, computed tomography (C.T.) atau M.R.I. (Magnetic resonance imaging). Aneurisma bervariasi dalam ukuran dan dapat tumbuh pada tingkat yang berbeda yang mengapa dokter Anda akan ingin memeriksa secara teratur untuk melihat apakah pembesaran. Anda mungkin benar-benar menyadari bahwa Anda memiliki aneurisma atau mungkin menghasilkan beberapa rasa sakit jika menekan pada struktur terdekat

Apa aortic aneurysm?
Aorta adalah pembuluh darah utama yang menuju dari jantung yang merupakan kapal yang mendistribusikan darah ke seluruh bagian tubuh. dindingnya bisa menjadi lemah karena aterosklerosis atau kondisi warisan seperti sindrom Marfan. aneurisma biasanya terjadi di daerah perut bawah diafragma dan biasanya di bawah arteri yang memasok darah ke ginjal (aneurisma aorta abdominal atau triple A (AAA) karena dapat dirujuk). Hal ini juga dapat terjadi di rongga dada ketika diketahui sebagai (aneurisma aorta toraks).

Mengelola Aneurysm
Dalam kebanyakan kasus, hanya pemantauan pertumbuhan aneurisma adalah manajemen terbaik. Jika aneurisma cukup besar atau ada bukti bahwa itu adalah lemah atau sudah sebagian pecah, dokter akan memilikinya diobati segera. Pengobatan aneurisma otak adalah dengan mengamankan klip logam di sekitar dasar aneurisma. Pengobatan aneurisma aorta adalah baik bedah selama patch atau sepotong buatan pembuluh darah dijahit di tempat aneurisma itu atau dengan prosedur endovascular mana pra-dibuat patch melewati arteri di pangkal paha dan ditempatkan di dalam aneurisma yang melindungi dari pecah.


9) Apa rehabilitasi stroke?


Rehabilitasi adalah proses di mana seseorang yang telah memiliki penyakit mendapatkan kembali kemampuan mereka sehingga mereka dapat menjadi sebagai independen mungkin. Rehabilitasi setelah stroke mungkin berarti belajar berjalan, atau untuk berbicara dengan jelas.

Rehabilitasi adalah tentang mendapatkan kehidupan normal Anda kembali dan mencapai tingkat terbaik kemerdekaan Anda bisa, oleh:

Belajar kembali keterampilan dan kemampuan
Belajar keterampilan baru
Beradaptasi dengan pembatasan yang disebabkan oleh stroke, dan
Menemukan dukungan sosial, emosional dan praktis di rumah dan di masyarakat.
Rehabilitasi harus dimulai di rumah sakit tempat pasien stroke yang bekerja dengan terapis yang berbeda dan profesional medis.

Setiap pasien harus berhak menerima minimal 45 menit membutuhkan rehabilitasi 5-7 hari seminggu selama diperlukan. Ini harus mencakup fisioterapi, terapi okupasi, psikologi klinis, berbicara dan terapi bahasa dan nutrisi dan masukan diet disediakan oleh rumah sakit dan tim berbasis masyarakat.

10) Dimana saya bisa mendapatkan dukungan setelah stroke?


kelompok pendukung stroke kelompok-kelompok lokal bagi mereka yang terkena stroke.

Mereka menyediakan tempat pertemuan bagi orang yang terkena stroke dan pengasuh mereka untuk datang bersama-sama dan berbagi pengalaman mereka. Kelompok memberikan informasi, meningkatkan dukungan kesadaran dan menawarkan dan saran. Beberapa juga menawarkan program dan layanan kegiatan.

Ada sejumlah kelompok dukungan stroke dan klub di seluruh Irlandia. BRI, mengakuisisi cedera otak amal juga menjalankan kelompok dukungan di berbagai lokasi. Untuk menemukan kelompok di daerah Anda pergi ke bagian jaringan stroke.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "FAQ | Pertanyaan yang Sering Diajukan - Stroke"

Poskan Komentar